Kamus Prokem Tegalan

Kamus Prokem Tegalan infotegal

Kok bisa ya kosakata Tegal seperti jasak, jok, yarik, sahang tidak ditemukan dalam kosakata Bahasa Jawa pada umumnya. Dan hanya ada di Tegal saja. Nah, kalau penasaran dengan kosakata tersebut, sudah waktunya nih baca buku Kamus Prokem Tegalan yang disusun oleh Ipuk Nm Nur dan diterbitkan oleh Ipnmn Publishing.

Prokem Tegalan ini dulu digunakan juga sebagai bahasa sandi oleh pejuang. Salah satunya digunakan oleh M. Yunus agar tidak diketahui penjajah. Jadi dibuatlah “rumus” agar sulit untuk diketahui kosakata aslinya.

Ipuk Nm Nur, pembuat Kamus Prokem Tegalan
Ipuk Nm Nur, pembuat Kamus Prokem Tegalan

Terus aturannya bagaimana sih dalam membuat Prokem Tegalan? Nanti cek tabel rumusnya sehingga mendapati huruf apa menjadi apa. Kemudian untuk hurif vokal masih sama, hanya ditambahkan huruf “Y” pada awal hurufnya. Misal mau mengubah kata “Aku” nanti A = Ya , K= N, U=u. Maka menjadi Yanu. Nanti contoh lainnya bisa dicek di dalam kamus tersebut.

Namun apa sih sebenarnya prokem itu sendiri? Dalam laman Wikipedia, prokem adalah bahasa gaul, atau bahasa slang Indonesia. Jadi tidak hanya dalam kosakata Tegal saja yang mengenal istilah prokem, daerah lain juga memiliki bahasa uniknya sendiri. Bahkan saat coba deteksi bahasa menggunakan Google Translate, langsung mendeteksi bahwa prokem dari bahasa Sunda. Benar tidaknya masih harus diteliti lebih lanjut ya.

Untuk mendapatkannya, bisa menghubungi penulisnya langsung, bisa lewat Facebook di Ipuk Prokem.

Related posts

Leave a Comment